Internet adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Internet merupakan sebuah teknologi yang penting dan dibutuhkan untuk mengakses segala informasi berharga dari berbagai belahan dunia. Saat ini, internet dipandang sebagai jaringan komputer terbesar di dunia. Internet dapat diartikan sebagai kumpulan dari jaringan-jaringan komputer, baik skala besar maupun kecil, yang dihubungkan oleh jaringan komunikasi dan meliputi seluruh dunia. Jadi secara singkat, internet adalah hubungan antar komputer dan jaringan komputer yang saling berjauhan untuk berbagi data dan informasi satu sama lainnya.

Perkembangan internet

– Tahun 1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).

– Tahun 1960, perkembangan besar Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

– Tahun 1974, pengembangan lapisan protokol jaringan TCP/IP. Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet.

– Tahun 1990, dibangunnya aplikasi World Wide Web oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.

Karena internetworking dan internet menghubungkan semua sistem, jenis, dan tipe komputer yang ada di dunia maka dibutuhkan standar yang menjamin bahwa semua komputer yang terhubung dapat saling berkomunikasi dalam satu bahasa yang sama. Karena itu, dikembangkanlah suatu standar bahasa komputer universal yang terdiri dari serangkaian protokol komunikasi, yaitu TCP/IP.

– TCP (Transfer Control Protocol) bertugas mengendalikan transmisi paket data, koreksi kesalahan, dan kompresi data.

– IP bertugas sebagai pengenal dan pengantar paket data ke alamat yang dituju.

Menurut Andrew S. Tanenbaum (1996), ada 4 fungsi utama TCP/IP yakni E-mail, News, Remote Login, dan Transfer File. Menurut Sampurna (1996), WEB adalah sekelompok kode berbasis teks sederhana dan universal, disebut Hypertext Markup Language (HTML). HTML adalah bahasa kode pemrograman dasar terwujudnya WEB. Dengan HTML, seluruh sistem komputer berbeda dapat mengenali format-format yang ditampilkan dalam situs-situs internet tanpa perbedaan berarti.

Beberapa manfaat internet :

– Memungkinkan terjadinya komunikasi yang cepat antara satu pihak dengan pihak lainnya, tanpa kenal batas ruang dan waktu.

– Merupakan sumber informasi yang melimpah dan terus berkembang seiring dengan berkembangnya internet itu sendiri.

– Merupakan media yang sangat membantu suatu kolaborasi yang biasanya terhambat ruang dan waktu. Melalui internet, kita dapat melakukan konferensi dengan berbagai pihak dimanapun mereka berada.

Ada 2 cara untuk terhubung ke internet :

1. Dial-up Connection (bersifat sementara)

Pada cara ini, kita harus berlangganan ke salah satu ISP, memasang modem ke komputer, install software yang disediakan ISP, dan dial-up ke ISP. Cara ini umumnya digunakan bila ingin mengakses internet dari rumah dengan komputer tunggal (bukan jaringan komputer).

2. Dedicated Connection (bersifat tetap)

Banyak digunakan oleh perusahaan atau institusi yang memiliki jumlah karyawan dan komputer yang cukup banyak. Oleh karena itu, jaringan komputer dibutuhkan untuk koneksi jenis ini agar semua komputer dapat terkoneksi ke internet.

Jenis-jenis koneksi internet :

1. Koneksi Fisik, misalnya ethernet, modem, fiber optic.

2. Koneksi Logika, misalnya IP Address, Subnetting.

3. IP eksternal / internal.

-Eksternal : IP yang sah dipakai untuk nerkomunikasi di jaringan internet sedunia.

-Internal : IP hanya boleh dipakai di intranet.

4. IP dinamik / statik.

– Dinamik : IP komputer diberi oleh ISP lewat DHCP yang secara periodik akan berubah.

– Statik : Bersifat tetap, diisikan saat konfigurasi network.

Advertisements